> Membuat Urban Garden Membuat Urban Garden ~ Perdana House

Wednesday 6 May 2015

Membuat Urban Garden

Selamat berjumpa lagi teman-teman, dalam artikel saya kali ini saya akan membahas menganai bagaimana cara membuat urban garden? sebelum saya jabarkan mengenai cara -cara membuat urban garden, say ingin menjelaskan terlebih dahulu apa itu yang disebut urban garden? apakah cemilan atau sebuah permainan??


Urban Garden ialah sebuah taman yang berada di tengah-tengah kota yang dimana tidak terdapat begitu banyak lahan kosong, yang didalamnya terdiri dari sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman obat dll, dan juga urban garden tidak hanya menonjolkan berkebun  saja namun juga mengedepankan keindahan dari suatu taman dengan pola-pola yang tidak biasa.

Mungkin cukup penjelasannya mengenai pengertian urban garden, langsung aja kita bahas bagaimana cara membuat Urban Garden.

1. Menyiapkan Lahan
Yang pertama yang perlu kamu lakuin ialah, menyiapkan lahan seperti membersihkan lahan dari rumput liar, karena musuh dari tanaman adalah rumput-rumput liar selain merusak tanaman juga merusak ekstetika keindahan dan juga kamu harus mengecek nutrisi tanah, apakah tanah yang kamu punya memliki nutrisi atau tidak.

2. Menggambar Pola
Setelah kamu sudah menyiapkan lahan yang akan digunakan untuk bercocok tanam, hal kedua yang harus kamu kerjakan ialah menggambar pola, ibarat kan membangun sebuah rumah, membuat urban garden juga harus dirancang terlebih dahulu agar pemanfaatan lahan jadi lebih maksimal dan terlihat lebih indah

3. Menyiapkan barang-barang bekas
Mengapa barang bekas? karena barang bekas bisa kita dapatkan tanpa mengeluarkan biaya yang begitu besar untuk mendapatkannya, seperti batu bata bekas bangunan atau botol-botol air mineral yang tidak bisa kita gunakan lagi. Tentu saja kamu jadi bertanya-tanya kenapa memerlukan barang-barang bekas, barang-barang bekas ini digunakan sebagai bedeng(penahan tanah) agar tanah tidak hanyut jika terjadi hujan.



4. Menyusun taman
Setelah semua langkah diatas sudah kamu lakukan, selanjutya yang harus kamu lakukan adalah menyusun barang bekas yang sudah kamu kumpulkan mengikuti pola yang sudah lebih dahulu kamu gambar.

5. Mengisi tanah
Setelah semua sudah tersusun rapi mengikuti pola, selanjutnya kamu hanya perlu menigisi spot-spot tersebut dengan tanah sampai penuh tapi jangan terlalu padat karena tanaman tidak dapat tumbuh jika tanah terlalu padat. berikut adalah contoh urban garden yang sudah hampir jadi


6. Mulai menanam
Mungkin ini adalah tahap terakhir dan yang paling ditunggu-tunggu dalam pembuatan Urban garden yaitu mulai melakukan penanaman, tidak ada hal khusus yang perlu dilakukan dalam menanam yang perlu kamu tahu ialah kamu harus tahu tanaman mana yang cocok ditanam di daerah kamu.
Setelah selesai melakukan penanaman entah itu melakukan penanaman biji atau menggunakan kecambah hasil semaian, jangan lupa untuk merawat dengan menyirami air secara rutin dan membersihkan tanaman agar tidak diserang hama serangga atau dari rumput liar.

Itulah tadi  cara untuk membuat Urban garden, semoga bermanfaat

3 comments: